Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR-RI di Stasiun Geofisika Tangerang

Rabu, 17 Juni 2021 Komisi V DPR-RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik ke Stasiun Geofisika Tangerang, Kunjungan kerja ini dilaksanakan untuk meninjau fasilitas pendukung layanan info BMKG dalam antisipasi bencana khususnya di Stasiun Geofisika Tangerang. Pada kesempatan ini hadir pula Deputi Bidang Instrumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi yakni Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si, Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Manusia yakni Petrus Demon Sili, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami; Bambang Setiyo Prayitno, M.Si dan Kepala BBMKG Wilayah II; Hendro Nugroho, ST, M.Si.

Pada sambutannya, Bapak Suwardi – Kepala Stasiun Geofisika Tangerang menyampaikan mengenai berbagai kegiatan serta pelayanan yang dilakukan di Stasiun Geofisika Tangerang. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai sejarah Stasiun Geofisika Tangerang dan rencana ke depan yang akan dilaksanakan. Wakil Ketua Komisi V DPR RI H. Syarif Abdullah Alkadrie, SH, MH pada kesempatan ini menyampaikan perlunya dilakukan peninjauan terutama terkait fasilitas pendukung layanan info BMKG guna mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi. Salah satu lokasi yang ditinjau adalah Stasiun Geofisika Tangerang. Setelah sebelumnya kunjungan kerja spesifik juga dilaksanakan di Serang dan Bogor. Selain itu, menurut beliau perlu dilakukan moderninasi peralatan guna meningkatkan pelayanan terutama di bidang kebencanaan.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait layanan informasi MKG serta hal-hal lain yang dirasa perlu seperti info-info terkini tentang MKG di masyarakat. Usai sesi diskusi, dilakukan kunjungan ke taman alat dan beberapa peralatan Geofisika seperti peralatan pengamatan hilal dan gerhana, peralatan pengamatan magnet dan TDS.